Rabu, 30 Mei 2018

KUNYIT ATASI NYERI HAID



Saat wanita sedang dalam masa menstruasi, sering diantara mereka akan merasakan nyeri yang amat sangat di bagian perut. Apalagi saat masa sebelum haid keluar atau dikenal PMS. Meskipun tergolong hal yang normal bagi seorang wanita. Nyeri saat haid sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Sehingga banyak wanita di luaran sana membeli obat-obatan yang belum tentu terjamin khasiat dan kebersihannya. Oleh, sebeb itu penggunaan obat semacam ini tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan efek yang tidak baik untuk tubuh. Maka dari itu sebagian wanita takut dengan pengaruh negatif obat-obatan. Lebih banyak sering memanfaatkan bahan alami untuk mengatasi masalah nyeri haid. Karena banyak yang beranggapan jika menggunakan obat-pbatan yang salah akan berakibat buruk dengan terkena penyakit seperti kanker rahim atau lainnya.

Nah, untuk Anda yang tengah membutuhkan ramuan alami untuk mengatasi masalah nyeri haid Anda saat ini. Kami akan memberikan anda saran dalam menggunakan bahan alami untuk mengatasi masalah haid. Yaitu dengan memanfaatkan bahan alami kunyit. Kunyit adalah ramuan tradisional dalam masyarakat Indonesia yang sudah turun temurun. Kandungan curcuminoid yang terkandung dalam kunyit dapat membantu Anda untuk membersihkan sel-sel mati dan menyegarkan badan. Sifat aktif dalam kunyit tersebut dapat menyerap habis seluruh kandungan obat-obatan medis, sehingga lebih baik bagi Anda yang ingin menggunakan ramuan ini untuk tidak mengonsumsinya bersamaan dengan obat-obatan medis lain. Untuk cara mengolahnya, Anda dapat mengikuti cara-cara seperti di bawah ini.
Cara mengolah kunyit menjadi untuk mengatasi nyeri haid :
- Disiapkan beberapa siung kunyit yang telah di cuci bersih terlebih dahulu
- Disiapkan putih sebanyak 3 gelas
- Setelah itu, di parut kunyit terlebih dahulu hingga menjadi halus
- Lalu di rebus parutan kunyit dengan 3 gelas air dan tunggu hingga air mendidih
- Jika sudah mendidih, angkat dan saring air rebusan kunyit lalu minum dalam keadaan masih hangat
- Untuk menambah rasa, Anda bisa menambahkan gula atau madu pada ramuan kunyit Anda.

Selain digunakan untuk mengatasi nyeri haid, kunyit juga dapat untuk mengobati :

1. Membantu Mengobati Asam Lambung
Penyakit asam lambung adalah penyakit yang sering diderita oleh banyak orang, penyakit yang satu ini umumnya disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur atau bahkan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan tertentu yang memiliki sifat korosif sehingga dapat mengikis dinding lambung.
Menurut sebuah penelitian dalam jurnal study Systematic Reviews, menyebutkan bahwa masakan yang mengandung paling tidak satu sendok kunyit sangat berkhasiat untuk membantu masalah pada organ pencernaan terutama usus besar dan lambung.
2. Anti Peradangan Tubuh
Manfaat kunyit lainnya yang bisa Anda dapatkan ialah dapat digunakan sebagai anti peradangan dalam tubuh. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian dimana 117 orang yang mengalami masalah pencernaan diberikan 1 gram bubuk kunyit halus yang kemudian diseduh menjadi teh selama 8 minggu.
Setelah 8 minggu, hasil penelitian menyebutkan bahwa peradangan pencernaan yang mereka alami justru membaik jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi kunyit.
3. Meredakan Rasa Sakit Akibat Irritable Bowel Syndrome
Irritable Bowel Syndrome (IBS) adalah suatu keadaan dimana adanya suatu penyakit yang menyebabkan kontraksi usus abnormal, keadaan tersebut tentu sangat berpengaruh besar pada kerja usus besar di sistem pencernaan. Manfaat kunyit untuk mengobati kondisi ini adalah kunyit dapat digunakan untuk mengurangi gerakan-gerakan otot yang abnormal.
4. Mengurangi buang gas pada pencernaan Anda
Ada banyak sekali manfaat kunyit yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya yaitu dapat digunakan untuk mengurangi buang gas pada pencernaan Anda. Kentut sendiri memang sangat penting untuk mengetahui apakah pencernaan Anda baik-baik saja atau tidak. Namun, jika jumlah kentut Anda berlebihan, hal ini justru menandakan pencernaan Anda sedang tidak baik.
Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan kunyit dengan cara menuangkan satu sendok bubuk kunyit ke dalam satu gelas air hangat yang berukuran sedang. Konsumsi minuman yang satu ini selama 2 minggu untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik.
5. Membantu Mengatasi Masalah Diare
Masalah diare memang dirasa cukup mengganggu. Bahkan masalah diare yang parah dan tidak ditangani dengan baik hal ini dapat membuat tubuh menjadi kekurangan cairan dan membahayakan kesehatan tubuh Anda. Oleh sebab itu, cara mudah untuk mengatasinya ialah dengan meminum ramuan herbal dari kunyit secara rutin.
6. Mengurangi rasa mual
Manfaat kunyit lainnya ialah dapat digunakan untuk mengurangi rasa mual. Rasa mual yang dialami bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti stress, infeksi pada pencernaan atau bahkan dehidrasi. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan kunyit sebagai obat alami untuk mengobati rasa mual tersebut. Hal ini karena di dalam kunyit mengandung phytochemical yang berfungsi untuk menghadirkan antioksidan dan mengurangi rasa mual.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar